Penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada penerapan Tanda Tangan Digital (Digital Signature) Pada aplikasi e-Surat

Jakarta, (Diskominfo)

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Langkat sebagai leading sektor pengelola Teknologi Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat melaksanakan Penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada penerapan Tanda Tangan Digital (Digital Signature) dalam aplikasi e-Surat untuk aktifitas surat menyurat kedinasan, pada hari ini selasa 26 Maret 2019 di Jakarta. PKS di ikuti oleh 5 (lima) Dinas Kominfo Kab/Kota diantaranya Kadis Kominfo Pemkab Langkat, Kadis Kominfo Pemko Tangerang, Kadis Kominfo Pemkab Banyuwangi, Kadis Kominfo Pemko Cilegon, Kadis Kominfo Pemkab Boyolali.

Bertindak sebagai pejabat berwenang pada Dinas Kominfo langkat, Kepala Dinas Kominfo Bapak H. Syahmadi, S.Sos, M.SP., melakukan penandatanganan PKS dengan Sekretaris Utama BSSN Bapak Syahrul Mubarak. Turut hadir mendampingi Kepala Dinas Kominfo Langkat, Kepala Seksi Pengumpul dan Pengolahan Data Bapak Thaib, D, SE., Kepala Seksi Keamanan Informasi Bapak Muhammad Faisal, SE, M.I.Kom.

Dalam kata sambutannya Sekretaris Utama BSSN memyampaikan bahwa, dengan penerapan tanda tangan digital ini akan memudahkan autentifikasi administrasi surat menyurat secara elektronik, dan juga dapat menghemat APBD pemerintah Daerah, secara efektif dan efisien. Dari sisi keamanan informasi juga menjamin tentang autentifikasi tanda tangan digital secara elektronik, sesuai dengan Perpres No. 95 tahun 2018 tentang SPBE.

Pada sesi pesan dan kesan para undangan, Kepala Dinas Kominfo Langkat, Bapak H. Syahmadi, S.Sos, M.SP menyampaikan, bahwa dengan telah dilakukannya PKS tanda tangan digital ini, dapat memudahkan administrasi penandatanganan surat menyurat secara paper less (tanpa kertas) yang aman dan sah sesuai UU ITE no. 11 tahun 2008. Hal ini juga sebagai mendukung keberadaan Langkat Commad Center sebagai pondasi e-governnent di kabupaten Langkat, serta usaha Pemerintah Kabupaten Langkat dalam kaitannya sebagai salah satu kabupaten cerdas menuju 100 smartcity Indonesia.(Diskominfo)