TUPOKSI

 

BIDANG SEKRETARIAT

 

Sekretariat mempunyai tugas membantu kepala dinas dalam melaksanakan pembinaan ketatausahaan yang meliputi urusan umum dan keuangan, melaksanakan urusan kepegawaian, melaksanakan urusan perlengkapan dan urusan rumah tangga serta memberikan pelayanan teknis dan administrasi kepada seluruh satuan unit kerja dilingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika;

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud , Sekretariat mempunyai fungsi:

  1. pengelolaan dan pelayanan administrasi umum, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas;
  2. pengkoordinasian pelaksanaan penyusunan program dan kegiatan di lingkungan Dinas;
  3. penyelenggaraan hubungan kerja di bidang administrasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait;
  4. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Sekretaris mempunyai tugas :

  1. menyusun rencana Sekretariat berdasarkan rencana kerja Dinas;
  2. menyelenggarakan administrasi umum, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas;
  3. mengkoordinasikan pelaksanaan penyusunan program dan kegiatan di lingkungan Dinas;
  4. menyelenggarakan hubungan kerja di bidang administrasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait;
  5. mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  6. menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pertimbangan karier;
  7. melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya, dan;
  8. melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan;
  9. mendistribusikan tugas sesuai tugas pokok dan fungsinya sebagai dasar penilaian kinerja;
  10. pembinaan administrasi dan rumah tangga;
  11. melakukan urusan ketatalaksanaan;
  12. menyiapkan dan menyusun Renstra, Renja dan Lakip Dinas Komunikasi dan Informatika;
  13. menyiapkan Renstra, Renja dan Lakip Sekretariat;
  14. menyiapkan penilaian terhadap bawahannya dalam rangka pembuatan SKP setiap tahunnya;
  15. membuat laporan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan Peraturan yang berlaku sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan;
  16. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas:

  1. menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian berdasarkan rencana operasional Sekretaris sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. mendistribusikan tugas sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai dasar penilaian kerja;
  3. menyiapkan bahan dan petunjuk teknis pengelolaan ketatausahaan dan Kepegawaian;
  4. melaksanakan kebijakan perencanaan kegiatan Dinas;
  5. melaksanakan urusan perlengkapan dan invetaris barang serta kebutuhan rumah tangga Dinas;
  6. menghimpun dan mempelajari peraturan Perundang-undangan dan Juklak teknis serta bahan-bahan yang berhubungan dengan administrasi umum dan tata usaha;
  7. mengarsipkan dan memelihara dokumen administrasi dalam berbagai bentuk sesuai keperluannya;
  8. melakukan penerapan tata naskah dinas di lingkungan organisasi Dinas Komunikasi dan Informatika;
  9. melaksanakan urusan surat menyurat, pengadaan dan tata kearsipan, pelaporan dan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada Sekretaris Dinas;
  10. menyelenggarakan urusan ketatausahaan kepegawaian meliputi pengumpulan data pegawai, proses pensiun,proses kenaikan gaji berkala, rotasi dan mutasi pegawai;
  11. mengelola administrasi tentang kedudukan hak pegawai;
  12. menyusun daftar urut kepangkatan dan formasi pegawai sekali setahun;
  13. melaksanakan pembinaan pengawasan dan penegakan disiplin serta penilaian terhadap bawahan;
  14. memberikan penilaian terhadap bawahan dalam rangka pembuatan SKP setiap tahunnya;
  15. membuat laporan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan peraturan yang berlaku sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan pekerjaan;
  16. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Kepala Sub Bagian Keuangan dan Program mempunyai tugas:

  1. menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Keuangan dan Program berdasarkan rencana operasional Sekretaris sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. menghimpun bahan dalam rangka perencanaan program, kegiatan dan anggaran dinas;
  3. mendistribusikan tugas sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai dasar penilaian kerja;
  4. menyiapkan bahan-bahan untuk menyusun rencana keuangan dan anggaran serta analisis pelaksanaan anggaran;
  5. menghimpun, mengklasifikasi serta mengolah data dan bahan-bahan penyusunan anggaran;
  6. melaksanakan perencanaan program anggaran;
  7. melaksanakan urusan keuangan dan penyiapan analisa pelaksanaan anggaran serta menyusun perencanaan pengadaan barang/jasa;
  8. mengendalikan pelaksanaan program dinas;
  9. melaksanakan evaluasi pelaksanaan program dinas;
  10. menyiapkan dan menyusun bahan-bahan untuk LKPJ;
  11. memberikan penilaian terhadap bawahan dalam rangka pembuatan SKP setiap tahunnya;
  12. membuat laporan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan peraturan yang berlaku sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan pekerjaan;
  13. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.