Tugas Pokok, Fungsi  dan Struktur Organisasi Dinas Komunikasi dan Informatika

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Langkat Nomor 06 tahun 2016  tentang Organisasi Perangkat Daerah dan Peraturan Bupati Langkat  Nomor : 57 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Komunikasi dan Informatika  Kabupaten Langkat merupakan unsur pelaksana Pemerintah Kabupaten yang dipimpin oleh Kepala Dinas  yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah, yang mempunyai tugas membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang Komunikasi dan Informasi dan dalam pelaksanaan tugasnya mempunyai fungsi :

  1. Dinas Komunikasi dan Informatika merupakan unsur pelaksana Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah.
  2. Dinas Komunikasi dan Informatikayang dimaksud sebagaimana pada ayat (1) dipimpin oleh kepala dinas Daerah yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada bupati melalui sekretaris Daerah.
  3. Dinas Komunikasi dan Informatika dimaksud pada  ayat  (1)  mempunyai  tugas  dan  kewajiban membantu  Bupati  melaksanakan  Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten.

Dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat (3) Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan fungsi :

  1. perumusan kebijakan teknis bidang Komunikasi dan Informatika pada pemerintahan daerah;
  2. perumusan pelaksanaan kebijakan dibidang Komunikasi dan Informatika;
  3. pelaksanaan kebijakan di bidang Komunikasi dan Informatika;
  4. pelaksaan evaluasi dan laporan proram kerja bidang Komunikasi dan Informatika;
  5. pelaksanaan administrasi Dinas Komunikasi dan Informatika;
  6. pelaksana fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika

     Dinas Informasi dan Komunikasi mempunyai tugas pokok melaksanakan memimpin, mengatur, merumuskan, membina, mengawasi, mengendalikan, mengkoordinasikan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kebijakan teknis pelaksanaan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang komunikasi dan informatika sesuai dengan kewenangannya.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana di maksud dalam ayat (1), Dinas Informasi dan Komunikasi mempunyai fungsi:

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang komunikasi dan informatika;
  2. penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang komunikasi dan informatika;
  3. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang komunikasi dan informatika;
  4. pelaksanaan pengembangan pembangunan di bidang komunikasi dan informatika;
  5. pengawasan dan pengendalian teknis bidang komunikasi dan informatika; dan
  6. perumusan kebijakan, pembinaan, pelaksanaan dan pengelolaan, pengawasan dan pengendalian penyelenggaraan kegiatan dibidang informasi dan komunikasi publik, Pengembangan Teknologi dan Aplikasi Informatika, Pengendalian Telekomunikasi dan Jasa Telekomunikasi; dan
  7. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya.